Tuesday , August 21 2018
Download Free FREE High-quality Joomla! Designs • Premium Joomla 3 Templates BIGtheme.net
Home / Berita Terbaru / Sekjur SAA Raih Gelar Doktor dengan Capaian Memuaskan
DSCF9111

Sekjur SAA Raih Gelar Doktor dengan Capaian Memuaskan

Pa.uinsgd.ac.id-Sekretaris Jurusan (Sekjur) Studi Agama-agama (SAA), Roro Sri Rejeki Waluyajati telah berhasil mempertahankan disertasinya pada sidang terbuka Promosi Doktor yang digelar di Gedung Pascasarjana UIN SGD Bandung, selasa (9/1/2018). Ia juga berhasil meraih gelar doktor dengan IPK sangat memuaskan 3,72. Disertasinya berjudul Transformasi Keagamaan pada Masyarakat Pedesaan studi pada Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam disertasinya ia mencoba mencari tahu mengenai bagaimana cara agama bertransformasi untuk mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran zaman modern. Ia berpendapat bahwa belum banyak penelitian terkait hal ini, yang baru ada hanya gagasan-gagasan besarnya saja. Belum teraplikasikan dalam bentuk penelitian lapangan.
Sekjur yang akrab disapa Bu Roro ini memilih Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat untuk melakukan penelitian lapangannya. Alasannya adalah karena desa tersebut merupakan tipe desa tradisional yang sedang berubah ke arah Desakota. Wilayah yang memiliki ciri geografis pedesaan tetapi secara social-kultural mengarah pada ciri masyarakat perkotaan. Dengan jarak tempuh antara desa dan pusat Kota Bandung 30 km.

Desa Cihampelas ini didesain menjadi penyangga kawasan industri Cimareme dan penyangga Kota Bandung. Dengan dibukanya akses tol Seroja telah menyebabkan para pelaju yang bekerja di Kota Bandung memilih untuk tinggal di desa tersebut.
Ia menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk menggambarkan objek penelitian sesuai yang terjadi di lapangan. Analisis data mengunakan model deskriptif analisis, dengan pola induktif dalam pejabarannya. ia berusaha untuk memperoleh pemahaman yang menyeluruh dan mendalam terkait isu yang ingin ditelitinya. Ia juga menggunakan disiplin ilmu Sosiologi dan Antropologi sebagai pendekatan.

Meminjam teori-teori tokoh ternama seperti Emile Durkheim dan Max Weber telah membuatnya berhasil menyelesaikan disertasinya dengan analisis yang begitu tajam. Dalam kesimpulan disertasinya ia menjelaskan bahwa fungsi dan bentuk keagamaan pada masyarakat DesaKota seperti Cihampelas telah bertransformasi dari yang bersifat memaksa menjadi bersifat pilihan dari bentuk komunal telah berubah ke bentuk yang lebih individualis. Agama akan tetap bertahan pada masyarakat desakota selama agama tersebut mampu memberi harapan (religion is hope) pada masyarakat.

Tak hanya itu, ibu dua anak ini juga berhasil menjawab segala pertanyaan penguji dengan sangat cermat. Kemampuannya membuat kagum para penguji.
-Oleh Indah R

Sinopsis Disertasi : LINK

Periksa juga

20161228093716_herregistrasi16-17-1

Jadwal Herregistrasi, Pengajuan Cuti Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN SGD Bandung Nomor: Un 05/1.1/PP.00.9/36/2016 tentang kalender Akademik Tahun Ajaran …

_mg_1231

Seminar Penguatan Kiprah Alumni Jurusan Studi Agama-Agama di Masyarakat

Jurusan Studi Agama-agama (SAA) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Seminar Penguatan Kiprah …

20140813095747_bidikmisi-uin

Daftar Penerima Beasiswa Bidikmisi Tahun Akademik 2016/2017

Berdasarkan hasil seleksi Tahap II (survai ke lokasi) Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi UIN SGD Bandung …

beasiswa

PENGUMUMAN BEASISWA PRESTASI BANTUAN WALIKOTA KHUSUS (BAWAKU)

PENGUMUMAN BEASISWA PRESTASI BANTUAN WALIKOTA KHUSUS (BAWAKU) MAHASISWA S.1 TAHUN 2016 DAPAT DILIHAT DI PENGUMUMAN …

JURNAL-RELIGIUS BARU

Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya

Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya diterbitkan oleh Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *