Tuesday , September 19 2017
Download Free FREE High-quality Joomla! Designs • Premium Joomla 3 Templates BIGtheme.net
Home / Alumni / Alumni PA Jadi Pengasuh Ponpes
20130910141819-1161

Alumni PA Jadi Pengasuh Ponpes

Bagi Muchamad Ircham, alumni Perbandingan Agama (PA) Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung tahun 2006 bekal di bangku kuliah menjadi modal utama dalam membina masyarakat, santri mulai dari Pondok Pesantren Ashr al-Madani, Desa Cimenyan, Suka Asih, Bandung, Pondok Pesantren Salaf Miftahul Ulum, Talun, Kayen, Pati sampai Ulumul Qur’an dan program Tahfidz di Institut (College) Hafiz, Selangor, Kuala Lumpur.

Menutut pria kelahiran Pekalongan Barat tanggal 20 Mei 1982 menjelaskan pemilihan kuliah di jurusan PA pada tahun 2002. “Alasan memilih jurusan PA sebab untuk menambah khazanah keilmuan dalam dinamika kehidupan yang semakin global, sebab hanya dalam jurusan PA saja yang bisa menjembatani keragaman keagamaan sehingga pengalaman keberagaman kita menjadi semakin luas dan siap menerima tantangan dalam menyongsong masa depan,” paparnya.

Selama kuliah dari tahun 2002 sampai 2006 laki-laki yang akrab dipanggil Ircham ini aktif berbagi ilmu pengetahuan, pengajar dan berorganisasi. Ircham menuturkan “Selama kuliah pernah menjadi Staf Pengajar Ulumul Qur’an di SMA Ma’arif, Sancang (2003-2004); Staf Pengajar Tafsir dan Bahasa Arab di SMU As-Salam, Bandung (2004-2006); di Organisasi Internal Kampus sebagai Direktur Mahasiswa Program Takhasus Qiraah dan Dakwah UIN SGD Bandung (2004-2006),” terangnya.

Kecintaanya pada dunia pesantren setelah lulus pada tahun 2006 melancong ke Malayasia. “Setelah lulus tahun 2006 terus menjadi Staf Pengajar Ulumul Qur’an dan program Tahfidz di Institut (College) Hafiz, Selangor, Kuala Lumpur (2006-2008). Sambil mengajar melanjutkan S-2 di International Islam University Malaysia (IIUM) di program Qur’an dan Sunnah selama 1 tahun, belum sempat selesai karena dapat tawaran untuk langsung melanjutkan S-3 di University of Malaysia (without master degree depend on CGPA in First Degree above 3.7 and result in Master Degree Programme), pada jurusan Aqidah dan Pemikiran Islam (2010 – Sekarang),” jelasnya.

“Sejak tahun 2011 sampai sekarang Ircham tengah melanjutkan S-2 di UIN SGD Bandung pada program Religious Studies, sebagai syarat formal untuk mendapatkan legalitas master degree,” sambungnya.

“Sejak tahun 2011 sampai sekarang dapat amanah untuk mengabdi di Pesantren Ulumul Qur’an al-Mustofa, Citali Sumedang yang kini 7 diantara santrinya adalah anak-anak dari negeri Seberang Malaysia.

Aktivitas sekarang mulai dari tahun 2012, dapat beban tambahan amanah sebagai: Pertama, Direktur Pondok Pesantren Ashr al-Madani, Desa Cimenyan, Suka Asih, Bandung untuk mengelola pesantren modern yang berbasis back to nature, dengan tanah seluas 2 hektar yang system bangunannya semua terbuat dari kayu jati. Kedua, sebagai Pengajar dan pengasuh di Pondok Pesantren Salaf Miftahul Ulum, Talun, Kayen, Pati (Pesantren milik mertua).

Saat ditanya soal hubungan kuliah dengan profesi sekarang Ircham menjelaskan “Melihat dari basic di PA memang tidak ada hubungannya sama sekali, namun dengan segenap kemampuan yang kita miliki insya allah kita bisa menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain,” tegasnya.

Ircham pun berpesan untuk mahasiswa PA; “Pertama, Jalani kehidupan apa adanya dan jangan banyak menuntut, niatkan segala aktivitas kita dengan harapan hanya mencari ridlo Allah, insya allah rezeki akan berlimpah. Kedua, Kuliah apapun jurusannya, hanya sebagai wasilah pencarian jati diri, karena kehidupan sesungguhnya adalah pengabdian untuk masyarakat. Ketiga, Jangan pesimis dengan jurusan PA, karena anda masuk pada jurusan yang tepat, yang bisa menjawab segala tantangan anda masa depan,” ujarnya.

“Harapan ke depan semoga Fakultas Ushuluddin, khususnya PA semakin banyak melahirkan lulusan yang berkualitas, kuantitas mahasiswa bukan ukurannya, sebab golongan orang-orang yang mempunyai kualitas adalah golongan yang sedikit. Jadi Semangat, semangat dan semangat,” pungkasnya

Periksa juga

20140813095747_bidikmisi-uin

Daftar Penerima Beasiswa Bidikmisi Tahun Akademik 2016/2017

Berdasarkan hasil seleksi Tahap II (survai ke lokasi) Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi UIN SGD Bandung …

beasiswa

PENGUMUMAN BEASISWA PRESTASI BANTUAN WALIKOTA KHUSUS (BAWAKU)

PENGUMUMAN BEASISWA PRESTASI BANTUAN WALIKOTA KHUSUS (BAWAKU) MAHASISWA S.1 TAHUN 2016 DAPAT DILIHAT DI PENGUMUMAN …

JURNAL-RELIGIUS BARU

Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya

Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya diterbitkan oleh Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin UIN …

logo uin

PERATURAN MENTERI AGAMA NO.33 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN NAMA DAN GELAR AKADEMIK

PERATURAN MENTERI AGAMA NO.33 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN NAMA DAN GELAR AKADEMIK LAMPIRAN PERATURAN MENTERI …

logo uin

PENGUMUMAN KELULUSAN GELOMBANG 2 UIN SGD BANDUNG

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN SGD Bandung Nomor : B-142/Un.05/1.1/PP.00.9/08/2016 tentang Kelulusan Peserta Ujian Masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *